berbagi informasi seputar kolong beratapkan langit

Wednesday, April 22, 2020

TERMOMETER, ALAT PENGUKUR SUHU UDARA

Menurut WMO (World Meteorological Organization), suhu udara adalah suhu yang ditunjukkan oleh termometer yang terkena udara langsung, namun terhindar dari radiasi langsung matahari. Oleh karena itu, termometer diletakkan dalam sebuah shelter pelindung yang dinamakan Sangkar Meteorologi setinggi 120 cm. 

Termometer dalam Sangkar Meteorologi
Keterangan Gambar:
1 = Termometer Bola Kering
2 = Termometer Bola Basah
3 = Termometer Maksimum
4 = Termometer Minimum

Termometer Bola Kering
Termometer air raksa dalam tabung kaca untuk mengukur suhu udara aktual yang terjadi. Prinsip kerja: Bila udara panas, air raksa yang berada dalam termometer akan mengembang sehingga permukaannya naik, begitu juga sebaliknya. Di dekat tabung, dipasang garis skala sehingga dapat diukur. Satuan yang ditetapkan untuk pengukuran suhu udara adalah derajad Celsius.

Termometer Bola Basah
Termometer ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan termometer bola kering, namun bolanya dilapisi kain muslin yang dijaga agar selalu basah. Termometer bola basah mengukur suhu yang dibutuhkan untuk menguapkan air di kain tersebut, dimana fungsi air tersebut adalah untuk menunjukkan kelembaban, sehingga kelembaban udara dan suhu titik embunnya dapat dihutung.

Termometer Maksimum
Termometer maksimum berfungsi untuk mengukur suhu tertinggi yang terjadi dalam satu hari dan dibaca setiap jam 12.00 UTC (19.00 WIB). Termometer ini menggunkan air raksa sama seperti termometer bola kering. Namun termometer ini memiliki celah yang disebut Contriction. Saat suhu udara naik, air raksa akan mengembang dan melewati celah ini. Namun saat suhu udara turun, air raksa tidak akan menyusut karena tersumbat oleh celah Contriction. Jadi setelah melakukan pengukuran suhu maksimum, termometer harus dinormalkan dengan cara mengibaskannya ke arah Contriction agar air raksa kembali ke suhu sebenarnya.

Termometer Minimum
Termometer minimum berfungsi untuk mengukur suhu terendah yang terjadi dalam satu hari dan dibaca setiap jam 00.00 UTC (07.00 WIB). Termometer minimum tidak menggunakan air raksa, namun menggunaan alkohol. Prinsip kerjanya adalah menggunakan indeks. Saat suhu turun, indeks akan terdorong menuju nilai suhu tertentu, sedangkan saat naik, alkohol akan mengembang sedangkan indeks akan tetap. Termometer dinormalkan dengan menggeser indek ke suhu sebenanrya.

Bagaimana Cara Membaca Termometer?
Pertama-tama, berdiri di depan termometer pada jarak baca dimana posisi mata harus segaris dengan meniscus untuk menghindari kesalahan baca. Termometer harus dibaca cepat dan teliti sampai persepuluhan derajat terdekat. Termometer tidak boleh disentuh dikarenakan panas badan dapat mempengaruhi hasil pembacaan.

Petugas pengamat cuaca (observer) sedang melakukan pengamatan suhu

Apa Sih Pentingnya Suhu yang Diperoleh dari Termometer?
Unsur cuaca yang diperoleh dari termometer seperti suhu udara dan suhu titik embun diperlukan untuk kepentingan take off dan landing pesawat. Terdapat 4 jenis informasi cuaca penerbangan yang diberikan, yaitu METAR, SPECI, Met Report dan Special Report. Contohnya adalah sebagai berikut.

Seberapa Akurat Data Suhu yang Diperoleh dari Termometer?
Salah satu tugas pokok dan fungsi BMKG adalah memberikan pelayanan data dan informasi yang valid di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika (MKKuG). Oleh karena itu BMKG memiliki alat pengamatan yang harus laik operasional. Untuk menjamin peralatan laik operasi, termometer yang merupakan salah satu alat peralatan pengamatan selalu dikalibrasi secara berkala oleh teknisi agar peralatan berfungsi dengan baik sehingga data yang dihasilkan tepat dan akurat.

Contoh pelaporan data suhu udara pada Berita METAR
Share:

1 komentar: