Global Air Navigation Plan (GANP, Doc 9750) merupakan dokumen strategis navigasi udara ICAO dan rencana untuk mendorong evolusi sistem navigasi udara global, sejalan dengan Global Air Traffic Management Operational Concept (GATMOC, Doc 9854) dan Manual on Air Traffic Management System Requirements (Doc 9882). Dokumen ini juga mendukung perencanaan untuk impelentasi lokal dan regional.
Struktur Multilayer dari GANP
Level 1 = Global Strategic, menetapkan arahan strategis tingkat tinggi bagi para pengambil keputusan untuk mendorong evolusi sistem navigasi udara global. Untuk tujuan ini, tingkat strategis global menyediakan visi bersama, target capaian kinerja global, dan roadmap konseptual.
Level 2 = Global Technical, mendukung manajemen teknis dalam perencanaan implementasi layanan dasar dan pengembangan operasional baru dengan pendekatan yang efektif dari segi biaya dan memenuhi kebutuhan spesifik, sekaligus memastikan integrasi sistem dan sinkronisasi prosedur. Terdiri dari:
- dua kerangka kerja teknis global:
- kerangka kerja Basic Building Blocks (BBB), yang menguraikan dasar untuk sistem navigasi udara yang kuat dengan merumuskan layanan navigasi udara esensial yang harus dipenuhi dalam penerbangan sipil internasional; dan
- versi terbaru dari kerangka kerja ASBU untuk implementasi terukur, yang memberikan manfaat kinerja yang dibutuhkan oleh industri penerbangan yang diharapkan dari implementasi peningkatan operasional navigasi udara yang spesifik.
- kerangka kerja performa terkait, yang meliputi katalog target performa dan daftar indikator kinerja utama; dan
- sebuah metode berbasis kinerja untuk rencana implementasi perbaikan operasional navigasi udara, termasuk katalog sasaran dan indikator kinerja.
Level 3 = Regional, memenuhi kebutuhan regional dan sub-regional yang selaras dengan tujuan global. Untuk itu, level ini mengatur ICAO Regional Air Navigation Plans (ANPs) dan mempertimbangkan inisiatif regional lainnya.
Level 4 = Nasional, merupakan tanggung jawab Negara, berfokus pada perencanaan nasional. Pengembangan oleh masing-masing negara, dengan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan yang relevan, dari perencanaan navigasi udara sebagai bagian strategis dari program pembangunan nasional dan penyelarasan dengan rencana regional dan global sangat diperlukan untuk mencapai visi bersama yang sedang dikembangkan dalam GANP. Perencanaan navigasi udara ini harus berfungsi sebagai dokumen rujukan untuk investasi nasional dalam infrastruktur navigasi udara.
Produk layanan observasi meteorologi (AMET)
Pengamatan meteorologi dibutuhkan untuk mendukung manajemen ruang udara yang fleksibel, peningkatan kewaspadaan situasional, pengambilan keputusan kolaboratif, dan optimisasi perencanaan lintasan penerbangan secara dinamis. Peningkatan kemampuan yang diharapkan dalam pengamatan meteorologi diantaranya penyediaan pengamatan parameter meteorologi tambahan, pengamatan cuaca sepenuhnya terotomatisasi, peningkatan resolusi temporal dan spasial informasi petir (lightning) serta radar dan satelit cuaca.
Produk pengamatan cuaca standar (AMET B01) meliputi:
- Informasi dari Automatic Weather Observation System (AWOS), meliputi perubahan aktual data angin dan Runway-Visual-Range (RVR),
- Local reports (MET REPORT / SPECIAL),
- Aerodrome reports (METAR / SPECI),
- Informasi kejadian petir (lightning),
- Informasi radar cuaca permukaan,
- Citra satelit meteorologi,
- Laporan meteorologi dari pesawat, meliputi ADS-B, AIREP, AMDAR, dan sebagainya,
- Profil vertikal angin dan suhu udara,
- Volcano Observation Notice for Aviation (VONA), dan
- Peringatan wind-shear.
------------------------------------------------------
Referensi:
0 komentar:
Post a Comment