Penyampaian informasi cuaca nonstop 24/7 yang dijalani kawan-kawan operasional di BMKG, khususnya di Stasiun Meteorologi Kualanamu, tentu tidak akan berjalan dengan baik tanpa dipersenjatai sarana dan prasarana operasional yang berkualitas. Ayo, kenalan yuk dengan sahabat kita si hitam manis yang namanya AWOS.
Gambar 1. Kondisi pemeliharaan AWOS di Stamet Kualanamu
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
AWOS itu apa ya?
Automated Weather Observing System atau yang lebih dikenal dengan nama AWOS adalah sistem alat pengamatan cuaca otomatis yang ditepatkan di bandara untuk mendapatkan data unsur-unsur cuaca secara otomatis menjadi informasi cuaca penerbangan dalam bentuk sandi Met Report, Special Report, METAR dan SPECI (SOP BMKG No. 001 Tahun 2017). Pada dasarnya, AWOS dilengkapi peralatan dan sensor-sensor otomatis yang mengamati unsur-unsur meteorologi yang ditempatkan di sisi-sisi landasan pacu/runway di bandara. Sensor-sensor tersebut mencatat nilai/data unsur-unsur meteorologi yang diperlukan untuk penerbangan, seperti suhu udara, suhu titik embun, kelembaban udara, tekanan udara (QNH, QFE), jarak pandang, arah dan kecepatan angin, kondisi cuaca, jumlah dan tinggi dasar awan terendah, serta jumlah curah hujan untuk masing-masing runway.
Tidak semua bandara atau stasiun meteorologi menggunakan AWOS dengan tipe/merek yang sama. Stasiun Meteorologi Kualanamu menggunakan AWOS dari All Weather Inc. Tapi bukan berarti hasilnya menjadi berbeda jauh ya gaes, hanya beda pabrikan aja kok.
Di Bandara Kualanamu, display AWOS terdapat di beberapa tempat, yaitu di ruangan observer (pengamat), ruangan forecaster (prakirawan), ruangan APP (Approach Control Office), dan ruangan ATC (Air Traffic Controller).
Gambar 2. Display AWOS di ruang Observer (pengamat cuaca)
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
Gambar 3. Display AWOS di ruang Forecaster (prakirawan cuaca)
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
Gambar 4. Display AWOS di ruang APP
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
Gambar 5. Display AWOS di ruang APP
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
Apa sih hebatnya AWOS?
Pengamatan menggunakan peralatan konvensional untuk pelayanan informasi cuaca penerbangan yang akurat, cepat dan tepat, serta terus menerus, terutama di bandara dengan frekuensi penerbangan yang padat dan yang sering mengalami perubahan kondisi cuaca yang cepat, tentu dinilai kurang efisien. Oleh karenanya, peralatan otomatis kini hadir mendampingi peralatan konvensional, yang mungkin pada saatnya nanti akan sepenuhnya menggantikan alat konvensional. Hadirlah AWOS sebagai peralatan otomatis sebagai solusi yang tepat dalam menyediakan pelayanan informasi terkini, lebih akurat dan terus menerus. AWOS juga memberikan kemudahan bagi pengamat dan juga mempercepat proses penyampaian informasi cuaca penerbangan ke pihak ATC (Air Traffic Controller).
Ada informasi apa saja di dalam AWOS?
Ada banyak informasi unsur cuaca yang dapat ditampilkan AWOS, khususnya untuk kepentingan take off dan landing pesawat. Berikut ini adalah informasi yang ditampilkan pada tampilan utama AWOS.
Gambar 6. Tampilan informasi parameter cuaca dalam AWOS
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
Informasi-informasi kondisi unsur cuaca yang ditampilkan AWOS dirangkum dalam informasi cuaca yang disampaikan untuk kepentingan take off dan landing pesawat guna mendukung keselamatan penerbangan. Ada 4 jenis informasi cuaca penerbangan yang diberikan, yaitu METAR, SPECI, Met Report dan Special Report. Sebagai contoh berikut ini adalah sandi METAR yang dihasilan menggunakan AWOS.
a. Arah dan kecepatan angin
b. Jarak pandang mendatar
c. Perawanan
d. Suhu udara dan suhu titik embun
e. Tekanan udara (QNH)
Akuratkah Informasi di AWOS?
Peralatan yang mengukur nilai sesuatu tentu harus dikalibrasi, demikian juga peralatan pengamatan nilai/kondisi unsur cuaca. Pemeliharaan peralatan secara berkala dilakukan oleh teknisi dan rekanan agar sensor-sensor dan peralatan berfungsi dengan baik. Perbaikan wajib segera dilakukan kalau terjadi malfungsi atau kerusakan pada sensor maupun sistem AWOS. Kalibrasi pun dilakukan secara berkala oleh petugas kalibrasi dari laboratorium kalibrasi BMKG Pusat.
Gambar 7. Kegiatan perawatan AWOS oleh teknisi Stamet Kualanamu
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
Gambar 8. Kegiatan kalibrasi AWOS oleh petugas kalibrasi BMKG Pusat didampingi oleh teknisi Stamet Kualanamu
(Sumber: Dokumentasi Stasiun Meteorologi Kualanamu)
So, jangan ragu dengan informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG ya gaes, apalagi informasi cuaca penerbangan dari Stasiun Meteorologi Kualanamu. BMKG siap dan pasti memberikan informasi yang cepat, tepat, akurat, luas, dan mudah dipahami untuk seluruh masyarakat.
Oleh:
Cristine W. Simanungkalit, S.Tr
Cristine W. Simanungkalit, S.Tr
Staf Meteorologist Stasiun Meteorologi Kualanamu
[dimuat dalam Buletin Meteonet-Magz edisi September 2019]
0 komentar:
Post a Comment